Teori Sastra Analisis Psikologi Sastra pada Cerita Pendek ‘Always be Positif’ oleh Shafariana



Berikut kutipan cerpen yang akan dianalisis melalui psikoanalisis.

Always be Positif
Cerpen Karangan: Andi Reskifais Iskandar

Kriiinggg. Waktu menunjukkan pukul 4.00.
Dengan sigap Rahman terbangun dari mimpi indahnya semalam. Alarm sederhana pemberian dari salah seorang sahabatnya berbentuk Manchester United yang berada di sekitar meja belajar itu yang telah membangunkan Rahman. Rahman sudah terbiasa bangun pada pukul 4.00 dini hari untuk persiapan menjalankan kewajiban umat muslim. Ia tidak pernah merasa terbebani dengan aktifitas tersebut, justru Rahman merasa resah dan gelisah apabila meninggalkan kewajibannya.
Rahman menyusuri rerumputan hijau yang terlihat basah karena sisa hujan tadi malam yang deras mengguyur desanya. Sepanjang perjalanan Rahman menuju ke Masjid Al-Munawarah hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.
Usai menunaikan shalat subuh secara berjamaah, Rahman hendak kembali ke rumah. Rahman tinggal bersama Ibunya yang bernama Ibu Aisyah dan seorang adiknya bernama Kalisa. Ayah Rahman sudah berpulang kerahmatullah sejak Rahman berusia 5 tahun. Saat ini Rahman lah yang menjadi tulang punggung keluarganya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah adiknya walaupun saat ini Rahman masih duduk di bangku SMA.
“Ibu, Rahman berangkat ke sekolah dulu yaa”. Ucap Rahman sembari mencium tangan ibunya.
“Iya, hati-hati ya nak. Belajar yang benar, kelak engkau akan menjadi anak yang membanggakan untuk Ibu”. Ibu
Ibu Aisyah mengelus kepala Rahman sebelum Rahman berangkat ke sekolah.
Rahman meninggalkan rumahnya. Di tepi jalan, terlihat beberapa siswa yang sedang berdiri menunggu angkutan umum, tak terketinggalan Rahman. Rahman menggunakan angkutan umum menuju ke sekolah sebab jarak antara rumah dan sekolah rama terbilang cukup jauh dan tidak dapat ditempuh dengan berjalan kaki.
Di tengah perjalanan, Rahman bergumam dalam hati, “Ya Allah, jadikanlah hari ini menjadi hari yang lebih baik dari pada hari kemarin. Aaminn.”
Membutuhkan sekitar 10 menit untuk sampai di sekolah. Perlahan, Rahman turun dari angkutan umum dan menyodorkan dua lembar uang seribu kepada supir angkot itu. Langkah demi langkah yang mengantarkan Rahman hingga ke ruang kelas, tepatnya di kelas 3 Ipa 1. Kurang lebih sebulan lagi Rahman akan menghadapi Ujian Akhir Nasional yang menentukan apakah ia lulus dan akan melanjutkan studynya ke perguruan tinggi.
Bel berbunyi pertanda akan dimulainya mata pelajaran pertama. Rama merupakan siswa teladan di sekolahnya. Ia sering kali meraih juara kelas dan berbagai prestasi lainnya di bidang akademik maupun non akademik.
“Pagi anak-anak, maaf ya ibu agak telat masuknya” Ujar salah seorang guru matematika.
“Pagi, Buuu”, Teriakan kecil siswa Ipa 1.
“Anak-anak, sekarang kalian buka bukunya Bab 7 mengenai Logatitma dan kerjakan soal Uji Kemampuan yang berada di halaman 102”
Siswa-siswi mengerjakan soal matematika dengan sangat teliti. Waktu demi waktu telah berlalu, hingga tak terasa bel pulang telah berbunyi. Siswa berhamburan keluar kelas menuju ke area depan sekolah.
“Assalamu Alaikum, Ibuuu Rahman pulang buu”. Teriakan Rahman dari pintu depan rumah sembari mencari Ibunya.
“Waalaikum salam, Rahman sudah pulang?”, Tanya Ibu
Ibu Aisyah.“Iya buu, Rahman capek bu. Oh iya bu, Sebulan lagi Rahman akan Ujian Nasional bu. Sepertinya untuk beberapa waktu kedepan Rahman gak bisa ngajar anak-anak Privat bu, soalnya Rahman pengen fokus sama ujian dulu”.
Sudah 2 tahun lamanya Rahman mengajar anak-anak di desanya untuk mahir dalam berbahasa inggris.
“Iya terserah Rahman aja, Kalau itu memang keputusan Rahman, Ibu selalu mendukung dari belakang. Ya sudahh, Rahman makan siang dulu terus istirahat, di meja ada tempe goreng dan sambel yang sudah ibu siapkan.” Perintah Ibu
Ibu Aisyah.
Tak terasa azan magrib sudah berkumandang. Dengan sedikit tergesa-gesa Rahman mengambil air wudhu kemudian menuju ke masjid. Selepas shalat magrib, Beberapa doa sempat dipanjatkan Rahman sebagai penutup shalatnya.
“Yaa Robbi.. senja-Mu telah kembali dan hambaMu kembali menghampiri. Ya Robbi sebentar lagi hamba akan menghadapi detik-detik yang sangat menegangkan dalam hidup hamba. Hamba mohon berikanlah kekuatan kepada hamba agar bisa menghadapi semuanya dengan tenang. Aminn Ya Robb.”
Hari yang dinanti telah tiba. Hari ini adalah hari pertama ujian nasional Rahman. Beberapa bulan terakhir Rahman sudah belajar dengan sangat tekun sebelum menghadapi Ujian ini. Seperti kata pepatah, Sedia payung sebelum hujan.
“Ibu. Rahman mohon doa restunya. Hari ini Rahman akan menghadapi Ujian nasional. Doakan Rahman bu supaya Rahman lulus dengan nilai yang memuaskan”. Ucap Rahman sambil merunduk di pangkuan ibunya.
“Iya nak, Ibu selalu mendoakan yang terbaik untukmu wahai anakku”. Jawab ibu
Ibu Aisyah.
Hari-hari yang menegangkan tersebut telah usai. Kini Rahman tinggal menunggu hasil dari Ujian tersebut. Rencananya pengumuman akan berlangsung sekitar sebulan setelah ujian nasional. Kini Rahman mengisi hari-harinya kembali sembari menunggu pengumuman dengan mengajar Les dan mengaji anak-anak yang berada di desanya.
“Insya Allah, kalau kita sudah berusaha dan berikhtiar maka yakinlah usaha kita akan berbuah manis. Mintalah yang terbaik kepada sang pencipta dan kepada orangtua kita. Yakinkan lah dirimu Rahman. Kau pasti lulus.” Ujar salah seorang Ustad pada saat meyakinkan Rahman yang ditemui di Musola tempat Rahman mengajar.
“Terima kasih nasihatnya pak ustadz”. Jawab Rahman dengan senyum yang melebar.
Hari yang ditunggu pun tiba. Pengumuman UAN itu menyatakan bahwa Rahman lulus ujian dan berhak melanjutkan sekolahnya ke Universitas yang diidamkan. Rahman lulus dengan nilai tertinggi. Rahman tak sabar ingin memberitahu hal ini kepada Ibu dan adiknya. Usai pengumuman, Rahman kembali ke rumah dan memberitahu ibu dan adiknya.
“Ibuu, Rahman lulus Bu. Rahman meraih nilai tertinggi bu.” Menyampaikan kegembiraannya kepada ibunya dengan wajah yang sumbringah.
“Alhamdulillah Rahman, Ibu sangat senang”. Sujud syukur ibu
Ibu Aisyah lakukan sebagai tanda kesyukurannya“Ibuu, dimana nantinya Rahman akan melanjutkan kuliah bu?” tanya Rahman.
“Kamu ingin kuliah nak? Jujur ibu ingin sekali kamu kuliah di universitas yang kamu dambakan sejak dulu, tapi apalah daya ibu. Ibu tidak mempunyai banyak biaya untuk kuliahmu.” Jawab ibu.
“Tapi bu, Rahman punya sedikit biaya hasil dari mengajar anak-anak ngaji bu. Rahman bisa menggunakan itu sebagai biaya pendaftaan Rahman.”
“Ya sudahlah Rahman, Jika itu keputusanmu maka lakukanlah.”
Rahman berangkat ke kota kabupaten untuk mendaftarkan diri ke fakultas yang ia dambakan. Ternyata rahman lulus murni dan mendapat beasiswa. Selama masa kuliah, Rahman tidak pernah merepotkan ibunya di desa, kini hidup mandiri.
Usai Rahman diwisuda. Rahman mendapatkan pekerjaan yang sangat didambakan rahman dari dahulu. Kini ibu beserta adiknya sudah tinggal di kota, sebab Rahman telah membangunkan rumah untuk ibu dan adiknya sebagai hasil dari jerih payahnya. Rahman tak pernah merasa sombong terhadap semua rezeki yang telah diberikan Allah kepadanya. Ia yakin bahwa semua ini hanyalah titipan baginya dan sewaktu-waktu Allah bisa mencabut kembali rezekinya.





Cerpen ‘Always be Positif’ karya Andi Reskifais Iskandar dianalisis melalui pendekatan teoritis yakni psikoanalisis yang mencakup id, ego, dan super ego. Berikut hasil analisisnya.
A.  Rahman
v Id
ü  Id dimunculkan oleh tokoh Rahman yang melaksanakan sholat dengan ikhlas. Hal ini terdapat dalam kutipan cerpen berikut.
Ia tidak pernah merasa terbebani dengan aktifitas tersebut, justru Rahman merasa resah dan gelisah apabila meninggalkan kewajibannya.
ü  Id dimunculkan oleh tokoh Rahman yang berdoa agar ia diberi kemudahan oleh Allah. Hal ini dapat dilihat dari kutipan berikut.
Di tengah perjalanan, Rahman bergumam dalam hati, “Ya Allah, jadikanlah hari ini menjadi hari yang lebih baik dari pada hari kemarin. Aminn.
ü  Id dimunculkan oleh tooh Rahman yang meminta doa restu ibunya sehingga dapat lulus ujian. Hal ini ditunjukkan kutipan berikut.
“Ibu. Rahman mohon doa restunya. Hari ini Rahman akan menghadapi ujian nasioanal. Doakan Rahman bu supaya Rahman lulus dengan nilai yang memuaskan”. Ucap Rahman sambil merunduk di pangkuan ibuya.
ü  Id dimunculkan oleh tokoh Rahman yang bermimpi untuk kuliah di perguruan tinggi yang diidamkannya dengan meyakini ibuya. Hal ini digambarkan dalam kutipan berikut.
“Ibuu, dimana nantinya Rahman akan melanjutkan kuliah bu?” tanya Rahman.
“Kamu inngi kuliah nak? Jujur ibu ingin sekali kamu kuliah di universitas yang kamu dambakan sejak dulu, tapi apalah daya ibu. Ibu tidak mempunyai banyak biaya untuk kuliahmu.” Jawab ibu.
“Tapi bu, Rahman punya sedikit biaya hasildari mengajar anak-anak ngaji bu. Rahman bisa menggunakan itu sebagai biaya pendaftaran Rahman.” 
ü  Id dimunculkan oleh tokoh Rahman yang mendaftar di perguruan tinggi. Hal ini ditunjukkan kutipan berikut.
Rahman berangkat ke kota kabupaten untuk mendaftarkan diri ke fakultas yang ia dambakan.
v Ego
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang memutuskan untuk tidak bekerja, mengajar privat, demi mempersiapkan diri untuk mengikuti UAN. Berikut kutipannya.
“Iya buu, Rahman capek bu. Oh iya bu, Sebulan lagi Rahman akan Ujian Nasional bu. Sepertinya untuk beberapa waktu kedepan Rahman gak bisa ngajar anak-anak Privat bu, soalnya Rahman penge fokus sama ujian dulu.”
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang berdoa kepada Allah sebagai penutup sholat yang berisi keinginan dan harapannya dalam kutipan berikut.
Selepas shalat magrib, beberapa doa sempat dipanjatkan Rahman sebagai penutup shalatnya.
 Ya Robbi.. senja-Mu telah kembali dan hamba-Mu kembali menghampiri. Ya Robbi sebentar lagi hamba akan menghadapi detik-detik yaang sangat menegangkan dalam hidup hamba. Hamba mohon berikanlah kekuatan kepada hamba agar bisa menghadapi semuanya dengan tenang. Aminn Ya Robb.” ’
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang belajar dengan giat sebagai persiapan ujian sehingga dapat dengan mudah mengerjakan soal ujian dalam kutipan berikut.
Beberapa bulan terakhir Rahman sudah belajar dengan sangat tekun sebelum menghadapi Ujian ini.
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang membangunkan rumah untuk ibu dan adiknya di kota. Hal ini terdapat dalam kutipan berikut.
Kini ibu beserta adiknya sudah tinggal di kota, sebab Rahman telah membangunkan rumah untuk ibu dan adiknya sebagai hasil dari jerih payahnya.’
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang tidak sombong atas apa yang ia miliki dan selalu bersyukur. Hal ini dapat dilihat dari kutipan berikut.
Rahman tak pernah merasa sombong terhadap semua rezeki yang telah diberikan Allah kepadanya. Ia yakin bahwa semua ini hanyalah titipan baginya dan sewaktu-waktu Allah bisa mencabut kembali rezeekinya.
v Super Ego
ü  Super ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang bangun pagi karena mendengar bunyi alarm. Hal ini dapat dilihat dari kutipan berikut.
Kriiinggg. Waktu menunjukkan pukul 4.00.
Dengan sigap Rahman terbagun dari mimpi indahnya semalam. Alarm sederhana pemberian dari salah seorang sahabatnya berbentuk Manchester United yang berada di sekitar meja belajar itu yang telah membangunkan Rahman.
Super ego juga ditampilkan oleh toko Rahman yang bagun pagi juga untuk melaksanakan kewajibannnya sebagai umat muslim yakni sholat. Hal ini tercantum dalam kutipan berikut.
Rahman sudah terbiasa bangun pada pukul 4.00 dini hari untuk persiapan menjalankan kewajiban umat muslim.
ü  Super ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang bersekolah sambil bekerja sejak ayahnya meninggal. Hal ini dapat dilihat dari kutipan berikut.
Ayah Rahman sudah berpulang kerahmatullah sejak Rahman berusia 5 tahun. Saat ini Rahman lah yang menjadi tulang punggung keluarganya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah adiknya walaupun saat ini Rhman masih duduk di bangku SMA.
ü  Super ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang berpamitan pada ibunya sebelum berangkat sekolah. Hal ini ditunjukkan kutipan berikut.
“Ibu, Rahman berangkat ke sekolah dulu yaa.”. Ucap Rahman sembari mencium tangan ibunya.
ü  Super ego dimunculkan oleh tokoh Rahman yang melaksanakan kewajiban sholat magrib. Hal ini dilihat dari kutipan berikut.
Tak terasa azan magrib sudah berkumandang. Dengan sedikit tergesa-gesa Rahman mengambil air wudhu kemudian menuju ke mesjid.
ü  Super ego yang dimunculkan oleh tokoh Rahman yang melaksanakan kewajibannya yakni mengajar, yang sempat ia hentikan. Hal ini terdapat dalam kutipan berikut.
Kini Rahman mengisi hari-harinya kembali sembari menunggu pengumuman dengan mengajar Les dan mengaji anak-anak yang berada di desanya.
ü  Super ego dimuncukan oleh tokoh Rahman yang tidak merepotkan ibunya semasa kuliah. Hal ini dapat dilihat dari kutipan berikut.
Selama masa kuliah, Rahman tidak pernah merepotkan ibunya di desa, kini hidup mandiri.
B.  Tokoh Ibu Aisyah
v Id
ü  Id dimunculkan oleh tokoh Ibu Aisyah yang mendoakan Rahman, anaknya, sebelum Rahman berangkat ke sekolah. Hal tersebut dilihat dari kutipan berikut.
“Iya, hati-hati ya nak. Belajar yang benar, kelak engkau akan menjadi anak yang membanggakan untuk Ibu”. Ibu Ibu Aisyah mengelus kepala Rahman sebelum Rahman berangkat ke sekolah.’
ü  Id dimunculkan oleh tokoh Ibu Aisyah yang selau mendoakan Rahman seperti dalam kutipan berikut.
“Iya nak, Ibu selalu mendoakan yang terbaik untukmu wahai anakku”. Jawab ibu Aisyah.’
v Ego
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Ibu Aisyah yang mendukung keputusan Rahman berdasarkan kutipan berikut.
“Iya terserah Rahman aja. Kalau itu memangkeputusan Rahman, Ibu selalu mendukung dari belakang...”
ü  Ego dimunculkan oleh tokoh Ibu Aisyah yang melakukan sujud syukur atas gambaran kesyukurannya. Hal ini terdapat dalam kutipan berikut.
Sujud syukur ibu aisyah lakukan sebagai tanda kesyukurannya.


v Super Ego
ü  Super ego dimunculkan oleh tokoh Ibu Aisyah yang melaksanakan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga yakni menyiapkan makanan untuk keluarga. Hal ini dapat dilihat dalam kutipan teks berikut.
“... Ya sudahh, Rahman makan siang dulu terus istirahat, di meja ada tempe goreng dan sambel yang sudah ibu siapkan.” Perintah Ibu Aisyah.’
ü  Super ego dimunculkan oleh tokoh Ibu Aisyah yang tidak yakin dapat menyekolahkan Rahman karena kekurangan biaya. Hal ini diterangkan dalam kutipan berikut.
“Kamu ingin kuliah nak? Jujur ibu ingin sekali kamu kuliah di universitas yang kamu dambakan sejak dulu, tapi apalah daya ibu. Ibu tidak mempunyai banyak biaya untuk kuliahmu.” Jawab ibu.
C.  Tokoh Siswa Kelas XII IPA 1
Super Ego dimunculkan pada tokoh siswa kelas XII IPA 1 yang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru matematika. Dapat dilihat dalam kutipan teks berikut.
“Anak-anak, sekarang kalian buka bukunya Bab 7 mengenai Logaritma dan kerjakan soal Uju Kemampuan yang berada di halaman 102”
Siswa-siswi mengerjakan soal matematika denga sangat teliti. ’
D.  Tokoh Ustad
Ego dimunculkan oleh tokoh Ustad yang memberikan nasihat kepada Rahman untuk yakin akan usahanya. Hal ini dapat dilihat dari kutipan berikut.
“Insya Allah, kalau kita sudah berusaha dan berikhtiar maka yakinlah usaha kita akan berbuah manis. Mintalah yang terbaik kepada sang pencipta dan kepada orang tua kita. Yakinkan lah dirimu Rahman. Kau pasti lulus.” Ujar salah seorang Ustad pada saat meyakinkan Rahman yang ditemui di Musola tempat Rahman mengajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Daerah Makassar

Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia

Apresiasi Puisi Indonesia